sebelumnya...

sebutan Hydnophytum formicarum, digunakan untuk mengobati masalah liver dan pencernaan. Di Thailand, Hua Roi Ru atau serbuk Sarang Semut dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti cacingan, penyakit tulang, penyakit kulit, penyakit paru-paru, dan sebagai ramuan untuk penyakit diabetes serta tonik untuk jantung.

Untuk jenis Myrmecodia ada dua spesies yang digunakan untuk obat yaitu Myrmecodia tuberose dan Myrmecodia pendans. Pemanfaatan M.pendans telah lama diterapkan oleh masyarakat papua untuk mengobati berbagai penyakit.

Kepopuleran tiga spesies Sarang Semut di atas tidak lepas dari kandungan yang super sebagai obat penyakit ringan dan bahkan obat kanker. Jenis Sarang Semut tersebut memiliki kandungan antara lain:

  • Flavonoid, sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Fungsi flavonoid adalah untuk melindungi struktur sel dan meningkatkan efektivitas vitamin C, antiinflamasi, mencegah keropos tulang, dan antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikrorganisme seperti bakteri dan virus termasuk virus HIV dan herpes.
  • Tanin, berfungsi untuk mengendapkan protein berlebih dalam tubuh. Tanin digunakan untuk pengobatan diare, wasir, dan menghentikan perdarahan serta keputihan.
  • Polifenol, digunakan untuk menstabilkan kadar gula darah dan anti mikroba.
  • Tokoferol, adalah antioksidan kuat yang dapat menghambat dan meredam radikal bebas hingga 50%.     selanjutnya....
 

      Seputar Artikel Umum :