Sarang Semut Sebagai Obat Herbal Populer Di Asia Tenggara.
(Ditulis oleh Okrina Tri Widanti)

Sejak ditemukannya kandungan dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti flavanoid, tokoferol, dan fenolik di dalam Sarang Semut, maka tumbuhan ini makin ramai diperbincangkan.

Kini, Sarang Semut sebagai obat herbal telah diteliti lebih lanjut secara ilmiah oleh para peneliti untuk membuktikan khasiat tumbuhan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini.

Selain kajian ilmiah, banyak dari masyarakat pengguna Sarang Semut telah mengakui keampuhannya dalam mengobati berbagai macam penyakit, dari yang ringan hingga yang berat.

Meski Sarang Semut begitu ampuh, namun tak semua jenis Sarang Semut bisa dikonsumsi sebagai obat herbal. Hanya ada dua jenis yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara dari lima genus Sarang Semut yang tergabung dalam famili Rubiceae.

Kedua jenis Sarang Semut itu adalah Hydnophytum dan Myrmecodia. Hydnophytum yang memiliki 45 spesies digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara sejak lama.

Di Jawa spesies Hydnophytum formicarum ini disebut Urek-urek Polo yang digunakan untuk sakit kepala dan pembengkakan. Sedangkan di Filipina air rebusan banghai,

selanjutnya....

 

      Seputar Artikel Umum :